Geranium merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki bentuk yang cantik dengan warna yang beragam. Mulai dari merah, pink, ungu, hingga putih. Selain itu, Bunga geranium juga memiliki aroma yang khas dan menyegarkan.

Bunga geranium berasal dari daerah Mediterania dan Afrika Selatan, namun kini telah menyebar ke seluruh dunia. Tanaman ini biasanya ditanam di taman atau pot, dan dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sedang hingga tropis.

Bunga geranium termasuk kelompok tumbuhan abadi atau semak yang mencakup sekitar 300 spesies. Sebagian besar geranium yang ditanam saat ini adalah jenis hibrida yang memiliki bunga ganda dengan paduan warna yang menarik di kelopaknya. Sehingga tidak heran jka bunga ini populer.

Washington Geranium

Tanaman ini mempunyai daun cukup tebal dengan daunnya berbentuk elips dan pada bagian ujungnya cenderung runcing tersusun berhadapan. Tekstur daunnya halus dengan permukaannya yang mengkilap, adapun ukuran daun tersebut berkisar antara 2 – 5 cm dengan warna hijau cenderung terang.

Baca juga : Bougenville, Bunga Kertas Cantik Penghias Pekarangan Rumah

Geranium mempunyai batang yang cenderung pendek dengan maksimal ukuran 1 meter saja. Permukaan batang dapat memiliki dua jenis tekstur, yaitu berkayu atau tidak. Setiap batang tersebut terdiri dari cabang yang berkerumun sehingga sangat unik dipandang mata.

Zonal Geranium

Akar geranium termasuk jenis akar serabut berwarna coklat tua. Akar ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyerap nutrisi, sehingga tanaman ini mampu bertahan dalam kondisi cuaca panas.

Bunga Geranium tumbuh di ketiak daun dengan kelopak berjumlah lima. Secara keseluruhan, bentuknya menyerupai terompet, dan biasanya berwarna merah muda, meskipun warna kelopaknya dapat berubah menjadi semakin gelap seiring dengan penuaan bunga tersebut.

Scented Leaf Geranium

Bentuk bunga geranium begitu cantik untuk dilihat dengan ciri khas kelopak yang saling bertumpuk dan bunganya yang berwarna-warni. Ini dapat terjadi karena banyak pembudidaya geranium yang melakukan penyilangan spesies geranium.

Baca juga : Aster, Bunga Cantik yang Mirip Bunga Matahari

Hal itu membuat bunga geranium memiliki tampilan warna yang bermacam-macam dan semakin menarik. Selain itu geranium merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bau harum, beberapa jenisnya ada yang memiliki aroma mirip dengan jeruk dan mawar.

Angel Geranium

Tanaman geranium juga bisa menghasilkan buah. Posisi buah ini menggelantung yang memilki tekstur lembut karena berbulu. Bagian dalamnya terdapat biji dengan ukuran kecil. Biji dari buah ini bisa dipakai untuk pembibitan. Namun saat ini yang digunakan untuk perbanyakan menggunakan metode stek batang.

Geranium tidak membutuhkan asupan air yang terlalu banyak. Ketika diberi terlalu banyak air, bunga geranium akan layu dan mati karena batangnya berair. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika ditempatkan di lokasi yang mendapatkan sinar matahari penuh dan tanah yang relatif kering.

Ivy Geranium

Bunga Geranium memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan yang dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya. Ini membuatnya menjadi pilihan alami yang bagus untuk menjaga area terbebas dari gigitan nyamuk yang mengganggu. Ekstrak geranium, juga disebut geraniol, adalah bahan aktif yang umum dalam semprotan pengusir nyamuk alami.

Baca juga : Asoka, Berbunga Cantik Berkhasiat untuk Kesehatan

Memang tidak semua geranium dapat mengusir nyamuk, tetapi jenis tertentu seperti citronella geranium (secara resmi dikenal sebagai Pelargonium citrosum), yang menghasilkan dan berbau seperti minyak serai, dapat menangkal serangga. Selain nyamuk, aroma yang dikeluarkan geranium juga dapat mengusir wereng, kaper atau kupu-kupu putih, dan cacing telinga jagung.

Interspecific Geranium

Karena kemampuannya untuk menjauhkan nyamuk, tidak sedikit orang tertarik untuk meletakkan bunga geranium di rumahnya sebagai dekorasi sekaligus pengusir nyamuk. Selain itu minyak esensial yang diekstrak dari bunga geranium sering digunakan sebagai aromaterapi.

Aroma yang harum dan menenangkan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang. Aroma yang menyegarkan dapat merilekskan pikiran dan tubuh, membantu meredakan kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Minyak esensial geranium

Minyak esensial geranium sering digunakan dalam perawatan kulit. Minyak esensial ini dapat membantu mengencangkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan. Juga efektif dalam memperbaiki sel kulit mati sehingga membuat kulit terlihat lebih bersih. Bisa juga dipakai untuk menghilangkan bekas jerawat atau bekas luka.

Bunga geranium juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit atau sendi ketika digunakan secara topikal, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi rasa sakit. Bunga geranium dianggap memiliki efek diuretik ringan, yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal tetap sehat dengan meningkatkan produksi urine. Ini dapat membantu menghilangkan toksin dari tubuh. (Ramlee)

By Ramlee

One thought on “Geranium, Tanaman Berbunga Cantik yang Mampu Mengusir Nyamuk”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *