Kenikir (Cosmos caudatus) merupakan tanaman sayuran yang kerap ditemui di sekitar lingkungan rumah, terutama di pedesaan. Biasanya, kenikir ditanam sebagai tanaman hias maupun tanaman pagar di halaman rumah. Selain sebagai sayuran dan tanaman hias, kenikir juga punya khasiat bagi Kesehatan.

Kenikir atau dalam bahasa Inggris disebut cosmos adalah tumbuhan anggota suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah. Tanaman ini tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh penjelajah bangsa Spanyol pada abad ke-16. Lalu dari Filipina inilah kemudian kenikir masuk ke negara-negara Asia Tenggara lainnya, salah satunya adalah ke Indonesia.

Kenikir masih banyak dibudidayakan sebagai sayuran di pedesaan

Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai.

Baca juga : Bayam, Salah Satu Jenis Sayuran Paling Menyehatkan

Bunga kenikir tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung-ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas. Bunga kenikir berwarna merah, berbintik-bintik kuning di tengah-tengahnya. Dan bijinya berbentuk paruh berwarna coklat kehitaman.

Bunga kenikir

Daunnya yang panjang memiliki warna hijau gelap yang menarik. Daun kenikir banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran. Biasanya kenikir disajikan sebagai hidangan seperti pecel, urab, ataupun lalapan.

Kenikir menyukai iklim panas yang tidak begitu lembap, tanah berpasir, dan subur, tanah terbuka dan penyinaran matahari penuh. Di Indonesia, tumbuhan ini banyak ditanam di Jawa dan dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1.200 mdpl.

Tanaman kenikir juga biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan biji, namun sayang sekali tumbuhan ini pada musim hujan mudah diserang hama jamur.

Tidak hanya nikmat disantap, kenikir ternyata kaya akan nutrisi. Daun kenikir memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat. Para ahli herbal menyakini kenikir mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

Biji kenikir

Hal ini tidak lepas dari kandungan zat-zat yang dimiliki kenikir, seperti kalsium, magnesium, flavonoid, tokoferol, polifenol, saponin, terpenoid, kuersetin, dan alkohol koniferil. Selain itu kenikir juga mengandung vitamin A, C, E, protein, asam askorbat dan asam klorogenik.

Baca juga : Kucai, Tanaman Sayur dengan Kandungan Nutrisi Melimpah

Secara tradisional daun kenikir dimanfatkan untuk obat penambah nafsu makan, lemah perut, gangguan tulang, pengusir serangga, bahkan mengatasi hipertensi dan diabetes. Daun kenikir yang mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri.

Daun kenikir diduga mempunyai indikasi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah karena kandungan flavonoid di dalamnya. Daun kenikir juga bermanfaat untuk ibu hamil yakni mengatasi Morning Sickness.

Pedagang sayur di pasar tradisional juga menjual kenikir

Pada usia kehamilan awal, gejala morning sickness, seperti lemas, pusing, dan mual-mual akan sangat umum dirasakan ibu hamil. Meski hal tersebut wajar, tetapi ada baiknya ibu mengatasi gejala ini dengan mengonsumsi daun kenikir yang diolah menjadi minuman hangat. Dengan begitu, ibu bisa merasakan manfaat daun kenikir untuk ibu hamil.

Daun kenikir juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas saat menyusui. Saat menyusui, biasanya ibu jadi rentan mengalami penurunan kesehatan. Untungnya, kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam daun kenikir menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa menyusui tersebut.

Rebusan daun kenikir sangat bermanfaat untuk kesehatan

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, daun kenikir juga mendatangkan manfaat dalam menguatkan tulang janin dalam kandungan. Hal ini bisa terjadi karena daun kenikir mengandung mineral dan kalsium. Supaya ibu bisa mendapatkan manfaat daun kenikir untuk ibu hamil, coba rebus daun kenikir secukupnya dan tambahkan madu. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.

Baca juga : Pakis Sayur, Tumbuhan Liar Enak Dibikin Sayuran dan Kaya Antioksidan

Jika selama hamil atau menyusui, ibu mengalami penurunan nafsu makan, maka ibu tidak boleh membiarkannya terjadi. Ibu harus segera mengatasinya karena kebutuhan nutrisi saat hamil dan menyusui perlu dipastikan selalu tercukupi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Manfaat daun kenikir untuk meningkatkan nafsu makan ini karena di dalam daun kenikir terdapat kandungan zat koniferil dan quercetin.

Sajian urap-urap kenikir

Meskipun kaya manfaat, sebaiknya hindari mengonsumsi kenikir secara berlebihan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah ginjal atau penyakit tertentu. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki kekhawatiran terkait kesehatan sebelum mengonsumsi kenikir secara rutin. (Ramlee)

By Ramlee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *