Ikan Louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki ciri-ciri unik di bagian tubuhnya. Yakni bentuk kepala atau dahinya yang benjol, jenong atau nong-nong. Bukan hanya itu, varian warnanya yang indah serta markingnya yang unik juga jadi daya tarik dari ikan silangan ini.

Ikan louhan sebenarnya bukanlah ikan yang pernah hidup di alam liar. Ikan nan indah ini adalah ikan hasil persilangan di tempat budidaya ikan hias air tawar di Malaysia. Ikan louhan dalam bahasa Inggris lebih populer disebut dengan Flowerhorn.

Ikan dengan bentuk fisik kepala menonjol pertama kali muncul di Malaysia pada tahun 1993. Orang Malaysia menyebut ikan dengan kepala menonjol sebagai Karoi yang artinya kapal tempur. Di tahun 1994, ikan Red Devil/Cichlid (Amphilouhus labiatus) yang diimpor dari negara Amerika Tangah dikawinkan dengan hibrida Parrot Cichild yang diimpor dari Taiwan.

Ikan Red Devil, salah satu jenis predator air tawar

Di tahun 1995, ikan hasil persilangan sebelumnya disilangkan kembali dengan Human Face Red good of Fortune, yang akhirnya menghasilkan jenis ikan baru yang disebut Five-Colors God of Fortune. Warna ikan hasil silangan ini sangat indah, dan akhirnya cepat menjadi populer.

Penyempurnaan secara selektif terus dilanjutkan. Hingga pada tahun 1998, ikan hasil persilangan itu disilangkan kembali dengan Seven-Colors Blue Fiery Mouth (disebut juga sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah.

Budidaya ikan louhan di akuarium

Dan hasil perkawinannya disilangkan lagi dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Pembelasteran ini akhirnya menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhorn. Seorang peternak ikan Hias bernama KK Lim yang pertama kali memberikan nama Lou Han pada ikan berjidat nongnong dengan rajah disekujur tubuh ini.

Baca juga : Mengenal Arwana sang Raja Ikan Hias

Nama louhan juga diambil dari kata Bahasa China, Hua Louhan yang artinya dewi pelindung. Sehingga Ikan Louhan banyak yang mempercayainya memiliki kekuatan khusus sebagai pelindung bagi siapa saja yang memeliharanya.

Generasi awal ikan louhan

Sejak saat itulah kepopuleran ikan louhan semakin meningkat sehingga banyak muncul jenis-jenisnya yang semakin unik dan terus bertambah. Ciri dahinya yang menonjol dan unik serta corak warna sisiknya yang indah membuat popularitas ikan louhan cepat meroket di kalangan masyarakat dunia.

Berkat jasa KK Lim lah maka louhan pertama kali bisa dengan mudah dipijahkan dalam aquarium. Karena sebelumnya diyakini bahwa pemeliharaan dan pemijahan ikan louhan hanya bisa dilakukan di kolam besar saja. Akhirnya banyak penangkaran bermunculan di Malaysia, mulai dari Perak, Penang, Butterworth, Bukitmartajam, Kualalumpur, Sungaipetani, dan Sabah.

Hampir di seluruh pelosok Malaysia, ikan louhan menjadi komoditas usaha baru yang sangat menjanjikan keuntungan. Besarnya dukungan Pemerintah Malaysia terhadap perkembangan louhan dan juga membantu memuluskan jalannya ekspor ikan louhan pada waktu itu.

Itu salah satu sebab mengapa louhan begitu cepat tersebar dan menjadi komoditi ekspor yang sangat menguntungkan negara Malaysia. Dari Malaysia rajah cichlasoma itu menyebar ke negara Jepang, Indonesia, Singapura, Taiwan, dan Cina. Indonesia disebut-sebut sebagai target utama negeri jiran itu.

Ikan Louhan Cencu

Selain itu muncul pula mitos orang Taiwan yang menganggap bahwa dahi ikan louhan yang menonjol adalah sumber keberuntungan bagi pemiliknya. Banyak orang yang ikut memelihara ikan louhan ini guna mendapatkan peruntungan. Tetapi lagi-lagi itu hanya mitos semata.

Dari mitos tersebut tidak sedikit orang yang akhirnya berlomba-lomba untuk memelihara dan memperoleh ikan louhan, meskipun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Atas keberhasilan persilangan tersebut akhirnya banyak pula ikan Louhan jenis baru lainnya yang kemudian muncul dari hasil proses persilangan yang dilakukan oleh para pecinta ikan hias untuk memperoleh spesies yang lebih indah lagi.

Ikan Louhan Kemalau

Itulah sebabnya ikan louhan menjadi banyak jenis dan coraknya. Ciri khas benjolan di dahi kepala dan corak warna sisiknya pun menjadi lebih bervariasi. Jadi wajar saja jika banyak peminat ikan Louhan bermunculan dari berbagai lapisan, bahkan masyarakat awam sekalipun.

Baca juga : Ikan Mas Koki, Bentuk dan Cara Berenangnya Membuatnya Jadi Populer

Secara umum ikan louhan memiliki bentuk badan persegi, agak bulat serta memiliki ekor pendek seperti ikan mujair. ikan ini juga memiliki mata bulat, sisik lunak yang agak melebar, serta memiliki bentuk mulut yang terlihat monyong dan tebal.

Ikan Louhan Super Red Dragon

Ikan louhan juga disebut-sebut sebagai salah satu ikan predator air tawar. Dimana ikan louhan selalu menjaga lingkungannya dari jenis ikan lainnya, walaupun itu ikan yang sejenis. Karena itu memerlukan cara khusus dalam melakukan pemijahan.

Ikan louhan juga termasuk ikan yang dapat mengenal tuannya dan dapat berada pada kondisi tertentu. Terkadang ikan ini dapat diajak bermain apabila kondisi fisik dan mentalnya bagus, tetapi terkadang ikan ini menjadi pasif apabila kondisi mentalnya tidak baik.

Secara umum ikan ini dipelihara di dalam akuarium dan dijadikan ikan hias rumah. Tidak jarang penghobi ikan ini menjadikan ikan dengan morfologi unik ini menjadi hiasan utama di ruang tamu. Di Indonesia sendiri ikan ini sudah berkembang dengan baik dan pasar penjualannya juga sudah meluas.

Perawatan ikan louhan tidak begitu susah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, mengganti air akuarium seminggu sekali atau saat kondisi air sudah keruh, menjaga suhu air tetap normal di angka 36 derajat. Ini karena ikan louhan tidak bisa hidup di air yang dingin.

Ikan Louhan Kamfa

Setiap louhan memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis cencu biasanya tidak nyaman dengan air yang kotor. Berbeda dengan jenis kamfa, yang merasa lebih nyaman di air keruh. Sehingga pemilik harus benar-benar tahu karakteristik agar potensi peliharaannya bisa muncul maksimal, seperti louhan jenis cencu jika air sudah mulai keruh biasanya merasa gatal, kemudian menggesekkan badannya ke kaca akuarium.

Baca juga : Molly Ikan Hias Air Tawar yang Miliki Bentuk dan Warna-Warna Menarik

Pemberian pakannya juga harus benar. Baiknya louhan diberi makan secara bertahap. Pagi, siang, dan sore. Apabila hal-hal tersebut tidak diperhatikan dengan benar, louhan berpotensi terserang penyakit. Misalnya munculnya white spot (jamur) pada tubuhnya dan terserang berak putih pada pencernaannya.

Kontes ikan Louhan

Untuk pemeliharaan ikan louhan, bisa dengan memberinya makan ikan setiap hari Senin hingga Kamis. Pada hari Jumat sampai Minggu, ikan bisa dibiarkan berpuasa supaya menjadi lebih agresif. Pakan ikan louhan terdiri dari pelet, udang yang dicampur dengan carophyl (pewarna untuk ikan), dan cacing beku.

Pemberian pakannya, kalau ikan kecil 5-10 butir pelet. Kalau yang besar bisa diberi udang, pelet, dan cacing beku. Ikan louhan mempunyai daya tahan hidup yang lumayan panjang jika perawatannya benar. Bisa mencapai 5-6 tahun. Namun kelincahannnya akan berkurang seiring usianya bertambah tua. (Ramlee)

By Ramlee

3 thoughts on “Louhan, Ikan Unik yang Dipercaya Pembawa Keberuntungan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *